Era Digital - Coretan Musik Lokal
Cerita Tentang Distribusi Digital Pada Industri Musik
Tahun 2000 menjadi puncak pertumbuhan industri musik dunia selama hampir seperempat abad dan menjadi tahun cikal bakal pertumbuhan era musik digital seperti yang kita nikmati hari ini. Sebuah team IT yang di pimpin oleh Shawn Fanning ( saat itu ia masih menjadi mahasiswa universitas Northeastern di Boston U.S.A) memulai percikan proses perubahan mendasar pada industri musik.
Shawn Fanning menciptakan dan meluncurkan Napster yang memperbolehkan pengguna untuk mengunduh dan membagikan musik secara gratis tanpa memberikan kompensasi kepada pemegang hak cipta, yang kemudian dengan cepat aplikasi ini langsung di tuntut oleh perangkat industri musik dan layanannya di tutup paksa. Tetapi banyak jasa aplikasi yang serupa mulai bermunculan walaupun industri musik tradisional menggunakan metode yang agresif secara legal dan teknikal untuk mencegah ledakan pembajakan di internet seperti Kazaa, Limewire, Grokster, DC++ and The Pirate Bay. Begitu satu aplikasi berbagi gratis ini ditutup maka langsung muncul penggantinya dan seterusnya, sehingga di awal tahun 2014 penjualan distribusi fisik musik rekaman ( kaset, CD, Vinyl) menurun drastis.
21 tahun telah berlalu semenjak itu, industri musik sekarang ini sudah sangat berubah dan sistem model tradisional sudah di tinggalkan. Perubahan berkelanjutan pada industri musik adalah contoh klasik bagaimana inovasi dapat merubah industri yang ada, kekuatan dan pengaruh pre-internet pada industri musik yang berpegang teguh pada kekuatan control distribusi fisik menjadi tidak relevan lagi sehingga memaksa perusahaan musik besar ikut berubah agar bisa bertahan seiring perubahan. Masa ini menjadi bukti dampak internet pada industri musik dan melahirkan industri music era digital saat ini.
References
Amaral, Adriana, Simone Pereira de Sá, and Marjorie Kibby.
“Friendship, Recommendation and Consumption on a Music-Based Social Network Site.” Presented at the AOIR Conference, Milwaukee, Wisconsin, 2009.
Baym, Nancy K.
“Friends or Fans?: Seeing Social Media Audiences as Musicians Do.” Participations 9, no. 2 (2012): 286–316.
Wikström, Patrik.
The Music Industry: Music in the Cloud. 2nd ed. Cambridge, UK: Polity Press, 2013